Minggu, 01 April 2012

Drama --> Tugas Bahasa indo

UNTUKMU YANG TERAKHIR

Di suatu sudut ruangan tampak seorang gadis berkacamata sedang asyik menghisap rokoknya. Namanya Jenny, biasa dipanggil Jeje. Konon cerita dia adalah seorang ketua Genk yang paling ditakuti di daerah tersebut. Dia berumur 16 th. Seandainya sekolah, mungkin dia masih menduduki kelas 2 SMA. Namun, nasibnya tidak beruntung, keluarganya bercerai ketika dia masih berusia 12 th. Sejak saat itu, dia kabur dari rumah dan berusaha menopang kehidupannya sendiri.  Dia tinggal di sebuah rumah kosong dengan kedua temannya, Stev dan Ree. Sama seperti Jeje, Stev dan Ree juga salah satu korban perceraian. Kedua orang tua  Stev bercerai karena Ibu Stev selingkuh dengan asistannya. Sedangkan Kedua orang tua Ree bercerai karena ayah Ree ketahuan korupsi dan akhirnya dipenjara.
Suatu ketika, Jeje sedang duduk melamun sendiri. Tatapannya kosong. Entah kemana kedua temannya.
Jeje : (duduk dengan tatapan kosong sambil menghisap rokok ditangannya).
Beberapa saat kemudian, dia mengambil sebuah foto dari dalam tasnya. Itu foto Jeje dan kedua orang tuanya ketika dia masih  berusia 5 th.
Jeje : (memandangi foto dengan raut muka sedih).
Setelah itu, datanglah Stev dengan wajah kusut…
Stev : (masuk ke sebuah ruangan)
Jeje : (bergegas menyembunyikan fotonya)
Stev : kenapa ?
Jeje : siapa ?
Stev : Gue Tanya kenapa ?
Jeje : loe Tanya siapa ?
Stev : monyet.
Jeje : Gila !!
Stev : gue Tanya loe lah. cuma loe yang ada disini.
Jeje : oohhhh.
Stev : Kenapa ?
Jeje : Nggak papa.
Stev : Itu apa ?
Jeje: mana ?
Stev : yang loe sembunyikan tadi.
Jeje : bukan apa-apa.
Stev : (langsung duduk sambil melempar tasnya, dengan muka ditekuk )
Jeje : Kenapa loe ?
Stev : (tidak menjawab. Dia sedang asyik menyulut rokoknya).
Jeje : Ketangkep lagi ?
Stev : (diam, tampak menikmati rokonya )
Jeje : Bodoh banget sih loe.
Stev : Sial !! (melempar botol minuman yang ada didepannya ke arah Jeje)
Jeje : ( menghindar dan berdiri) Loe gila ya? Gue bisa mati karena botol ini. resek banget sih loe ? (berjalan meninggalkan Stev)
Stev : foto loe ketinggalan. (dengan nada datar dan masih asyik menikmati rokokya).
Jeje : (berlari mengambil foto, tapi sudah keduluan sama si Stev )
Stev : gue dapet. (memegang foto dengan bangga)
Jeje : kembalikan. Itu punya gue.
Stev : (melangkah menjauhi jeje) Gue Cuma ingin tau foto siapa sih ini.
Jeje : Gue bilang kembalikan. Cukup sekali gue bilang sama loe. Kembalikan fotonya. (Dengan nada tinggi).
Stev : (melihat foto) hahaha. Foto siapa ini ? keluarga bahagia ya ? hahaha.
Jeje : resek loe ya. Kembalikan fotonya (merebut dengan paksa foto itu dari tangan Stev ).
Stev : hahaha. Gila !! foto siapa sih tuh ? hari gini masih musim ya keluarga bahagia? Haha. JADUL.
Jeje : Ini foto gue.
Stev : (langsung menghentikan tawanya). Ooopss !! Sorry !! Gue nggak sengaja.
Diam beberapa saat..
Jeje: hahaha. Kenapa loe ? merasa bersalah ? alah. Foto ini ?? nih lihat !! (jeje menyobek foto itu di depan Stev)
Stev : (heran sejenak) serius ?
Jeje : kapan gue bercanda ?
Stev : Yakin? Cuma itukan yang loe punya untuk mengenang mereka ?
Jeje : haha. Apa sih loe. Cengeng banget kata-katanya.
Stev : Jujur, meskipun gue benci sama kedua orang tua gue. Tapi gue masih punya ini. (menunjukkan kalung pemberian ibunya)
Jeje : (diam dan melihat kalungitu dengan sedih )
Stev : (mengambil foto yang sudah berserakan) punya lem?
Jeje : (menggeleng)
Setelah itu, masuklah Ree membawa seorang gadis yang masih mengenakan seragam sekolah…
Ree : Hey bro !! (kelihatan bahagia )
Jeje : Anak baru ? (bertanya kepada Ree sambil melihat gadis itu dengan sinis).
Ree : Yo’i. namanya Barpealpy. Panggil aja Ipy. (tersenyum)
Jeje : sudah pernah nyopet dimana ? (bertanya kepada Ipy)
Ipy : (menggeleng dengan raut muka sedikit ketakutan).
Jeje : Merokok ?
Ipy : (menggeleng).
Stev : Punya lem ?
Ipy : (menggeleng)
Jeje : atau mungkin NARKOBA ?
Ipy : (menggeleng) saya tidak pernah melakukan semua yang anda sebutkan.
Re & Stev : haha.
Jeje : Loe bilang apa ? Saya ? Anda ? bahasa loe kampungan banget sih.
Jeje, Ree, Stev : hahaha.
Ree : maklum je, dia anak baik. Dia gabung sama kita karena dia udah bosan dirumahnya. Ayahnya punya istri 5. Ibunya alkoholik. Sementara kedua kakaknya sibuk merebutkan warisan.
Stev : wah. Parah juga ya hidup loe.
Ipy : (menunduk ketakutan)
Ipy : saya boleh Tanya sesuatu ? (agak takut)
Ree : Tanya apa ? silahkan saja. Asal loe nggak Tanya, berapa banyak istri bokap gue.
Stev, Ree, Jeje : hahaha.
Ipy : kalau saya gabung sama kalian saya dapat apa ?
Ree : kesenangan. Kesenangan yang nggak akan pernah loe dapetin di dalam keluarga loe.
Ipy : kok bisa ?
Ree : loe cobain itu dulu deh, baru loe akan ngerasain hidup loe melayang-layang. (menyodorkan sabu-sabu, rokok dan korek kepada Ipy).
Ipy : (bingung. Sabu-sabu, rokok dan korek itu mau dia apakan).
 Stev : kalo loe belum bisa. Sini gue ajarin. (mengambil sebatang rokok lalu menyulutnya dengan rokok yang ada di bibirnya. Kemudian dia memberikan rokok itu pada Ipy).
Ipy : (menggeleng) Rokok dapat membahayakan kesehatan.
Stev : sok sok an ceramah. Mau nggak ? kalo nggak mau pergi aja dari sini. (agak emosi).
Ipy : (menunduk)
Ree : loe serius nggak sih mau ikutan genk kita ?
Ipy : serius.
Ree : terus ?
Ipy : tapi saya nggak mau kalo merokok, mengkonsumsi narkoba atau bahkan mencopet.
Jeje : (sejenak menghentikan aktivitasnya mengelem foto) terus mau loe apa ? nari balet kayak di rumah sebelah ? atau jadi penasehat para koruptor ?
Ipy : (menunduk)
Stev : kalo loe nggak mau ngikutin gaya kita, mending loe cabut dari sini. Gue nggak butuh orang kayak loe. Tampang suci, hati sama saja. BUSUK.
Jeje : mending loe bejat sekalian tapi hati loe masih bisa gemetar melihat orang-orang kelaparan. Gue seperti ini karena korban. Kita ini sama-sama korban orang tua yang terlalu mementingkan ego mereka sendiri-sendiri.
Ipy : tapi kakak nggak seharusnya seperti itu. (masih menunduk).
Jeje : (berdiri) mau loe apa sih ? ngajak berantem ?
Ree : Jee. Loe control dong emosi loe. Dia itu masih baru. Dia butuh bimbingan kita. Kenapa sih loe dikit-dikit langsung marah ? (dengan nada membela Ipy)
Stev : dari tadi tuh dia kayak gitu. Karena fotonya sobek kali. (nyantai, masih asyik dengan rokoknya).
Jeje : Maksud loeapa Stev ?
Stev : nggak ada maksud. (cuek)
Jeje : (menahan nafas) Loe semua pada ngebelain anak baru ini ?
Ree : nggak gitu jee. Tapi gue Cuma mau loe ngontrol emosi loe. Kenapa sih sensi terus dari tadi.
Jeje : Bodoh amat. Gue mau pergi dari sini. Gue keluar dari Genk ini. (melangkah keluar ruangan).
Stev : Loe mau nyusul orang tua loe ? kenapa ? kangen ?
Jeje : (menghentikan langkahnya namun tidak menoleh).
Stev : Loe mau cari orang tua yang udah membuang loe ?
Jeje : (masih diam).
Ree : ayolah Jee, jangan seperti ini. Kita bisa bicarakan ini baik-baik.
Jeje : (melangkah pergi )
Beberapa saat setelah Jeje pergi, polisi datang.
Niu niu niu niu niu niu……
Ree : polisi !! SIAL !! (kebingungan menyembunyikan barang-barang haram tersebut)
Stev : pasti Jeje yang melapor  !! (kebingungan).
Ipy : kakak. Mending kita menyerah saja.
Stev : Loe gila ya? Loe aja sana yang menyerahkan diri. Gue nggak !! (bingung menyembunyikan narkoba.
IPy : tapi kita akan tetep ketangkap kakak.
Ree : Jangan banyak omong deh Py, mending loe bantuin kita nyembunyiin ini. (bingung)
Polisi 1 : Jangan bergerak ! kalian sudha dikepung ! (mengarahkan senjata kearah Ipy, Stev dan Ree)
Polisi 2 : (masuk dan segera menggerosoki saku mereka).
Polisi 1 : bagaimana? Ketemu ?
Polisi 2 : Tidak komandan.
Polisi 1 : cepat tunjukkan dimana barang-barang haram itu ?
Ipy, Stev, dan Ree : (diam )
Polisi 2 : (mencaridi sekitar ruangan )
Polisi 1 : cepat katakana atau saya akan menembak kalian.
Ipy : di.. di.. disitu pak ! (menunjuk ke bawah lemari).
Stev : Sial !! Bodoh banget sih loe ! (marah)
Ipy : saya takut kak !
Ree : nyesel gue bawa loe.
Polisi 2 : ketemu komandan !
Polisi 1: segera ambil sebagai bukti !
Polisi 2 : baik komandan.
Polisi 1 : mana teman kalian ?
Stev : teman mana lagi ? ini sudah lengkap.
Polisi 1 : belum. Ada yang kurang. Jeje. Mana dia ?
Ree : darimana bapak tau tentang Jeje ?
Polisi 1 : bagaimana mungkin saya tidka tau. Teman kalian itu sudah menjadi mafia kelas atas. Kemarin dia membunuh orang di pelabuhan.
Ree : apa ?
Stev : kalo ngomong yang benar pak.
Polisi 2 : komandan saya tidka bohong. Nanti di kantor akan saya tunjukkan semua.
Jeje : (memukul kepala polisi 1 dari belakang )
Stev, Ree : Jeeeee !!!
Polisi 2 : jangan bergerak !! atau saya akan menembak kalian.
Jeje : (mendekati polisi 2 tanpa rasa takut sedikitpun).
Polisi 2 : Jangan mendekat !
Ipy : (memukul kepala polisi 2 dengan kayu)
Polisi 2 : arrggh. (terkapar)
Jeje : ayo lari.
Stev, Ipy dan Ree cepat-cepat meninggalkan ruangna itu. Sementara Jeje berada paling belakang sendiri. Dan ketika Jeje hendak lari, polisi 2 masih kuat untuk melemparkan tembakannya. Dan akhirnya Jeje tertembak.
Stev : Jeeeeeeeeee !! (mendekati tubuh jeje yang terkapar)
Ree : Jee, jangan pergi je. Loe pernah janji kalo kita akan selamanya jadi sahabat.
Ipy : kak Jeje !!
Stev : ayo kita bawa ke rumah sakit. (panik)
Jeje : jangan. Nggak usah !! gue udah lelah hidup seperti ini. Sudah waktunya gue pergi. Gue mau tidur. Gue lelah.
Stev, Ree, dan Ipy : (nangis)
Stev : gue sayang sama loe Je. Loe boss yang paling keren. J
Jee : (tersenyum)
Ree : maafin gue Ree.
Jee : (senyum). Kalian tidka punya salah apa-apa. Jaga Ipy baik-baik. Dia butuh bimbingan kita. Jangan sampai di rusak seprti kita. J (meninggal)
Stev : Jeeeeeeee !!
Ree : (memeluk Stev dan Ipy ) biarkan dia tenang.


TAMAT




Tidak ada komentar:

Posting Komentar